AWAKEN - Astral Blade
Dark Pigeon Games
ESDigital Games
22 Oktober 2024
PS5, PC
Metroidvania
Remaja
Digital
6.9 GB
Rp 349.000
Sebagai salah satu penyedia platform game terbesar saat ini, Sony Interactive Entertainment sedang mengembangkan program bantuan dana untuk para developer game yang tersebar di beberapa negara agar bisa menciptakan game berkualitas tinggi yang bisa masuk ke pasar global. Salah satu negara yang mendapatkan bantuan tersebut adalah Tiongkok.
Lewat program PlayStation China Hero Project, para developer game di Tiongkok mendapatkan dukungan berupa konsultasi, teknologi, pendanaan hingga penerbitan. Sebagai salah satu developer yang tergabung dalam proyek ini, Dark Pigeon Games akhirnya telah merampungkan game mereka yang berjudul AWAKEN: Astral Blade.
Apakah dukungan dari pihak PlayStation berhasil meningkatkan kualitas game yang mereka kembangkan?
Simak ulasan lengkapnya berikut ini!
Story
Game ini menceritakan tentang seorang gadis bionik hasil ciptaan Dr. Herveus bernama Tania. Ia dikirim dan ditugaskan untuk menyelidiki tim peneliti yang hilang di Kepulauan Horace. Tempat tersebut dirusak oleh energi aneh yang dapat mengubah hewan dan tumbuhan menjadi monster lewat proses mutasi yang dikenal dengan istilah Anathemorphs. Seiring perjalanannya, Tania perlahan mengungkap sejarah dari tempat tersebut dan mempertanyakan identitasnya.
Seberapa manusiawikah Tania seharusnya?
Rahasia apa yang tersimpan dalam Kepulauan Horace?
Temukan jawabannya dengan memainkan AWAKEN – Astral Blade!
Gameplay
AWAKEN – Astral Blade adalah sebuah game petualangan penuh aksi berbasis 2D yang menggunakan konsep Metroidvania sebagai pondasi utamanya. Sejak awal pengumumannya, kami sudah sangat antusias menantikan kehadiran game ini. Mengingat kami juga sudah cukup banyak memainkan game Metroidvania, jadi kami punya banyak pilihan judul yang bisa dijadikan referensi.
Bagi Anda yang belum tahu, Metroidvania adalah sub-genre dari Action-adventure yang tercipta dari hasil gabungan antara dua judul game populer, yaitu Metroid dan Castlevania. Biasanya, game sejenis ini punya ciri khas dari desain peta dunianya yang saling terhubung dari titik awal hingga boss terakhir.
Berikut kami bahas aspek gameplay selengkapnya:
Exploration
Eksplorasi merupakan elemen paling krusial dalam sebuah game Metroidvania. Salah satu nilai jual dan daya tariknya biasanya terletak pada penjelajahan yang tidak linear dan bercabang sehingga pengalaman tiap pemain bisa saja berbeda satu sama lain. Sayangnya, developer sepertinya gagal menerapkan konsep Metroidvania seperti yang seharusnya.
Alur petualangan di sini terasa terlalu linear dan jarang sekali kami memikirkan ke mana objektif selanjutnya. Meskipun masih ada beberapa elemen platforming dan puzzle, kami tidak pernah benar-benar merasa kesulitan dalam mencari solusi karena mereka hadir hanya sekedar syarat untuk melanjutkan cerita tanpa meninggalkan kesan mendalam.
Combat
Di awal permainan, Anda hanya memiliki dua senjata utama, yaitu pedang dan arit. Seperti yang bisa Anda harapkan dari game-game Metroidvania pada umumnya, karakter Anda dapat melancarkan variasi kombo dengan mengombinasikan dua tombol berbeda. Dan ya, seberapa keras pun menciptakan variasi serangan, Anda akan mendapati skema kombo yang sama berulang kali, lagi dan lagi.
Untungnya, aksi pertarungan game ini masih bisa terselamatkan oleh Boss Battle yang menurut kami cukup intens, menegangkan dan menantang. Setidaknya, bagian ini memberi kami ruang untuk sedikit berpikir bagaimana cara menaklukkan mereka sehingga ada sedikit gejolak adrenalin yang kami rasakan.
Game ini memang punya Skill Tree yang terdiri dari dua kategori, yaitu Combat dan Passive. Combat Skill meningkatkan kemampuan pertarungan Anda seperti kecepatan menyerang, sementara Passive Skill memberikan upgrade atribut permanen.
Presentation
Visual
Game ini punya visual yang memukau, terutama di bagian ilustrasi karakter dan pemandangan latar belakangnya yang indah. Meskipun palet warna yang digunakan terkesan suram dan repetitif, namun hal tersebut tidak mengurangi keindahan visualnya.
Kendala visual yang kami rasakan terletak pada segi penyampaian narasi yang menggunakan gaya visual novel yang terlalu minimalis karena ilustrasi karakternya statis. Lalu, performa framerate yang naik turun terkadang cukup mengganggu karena game seperti ini seharusnya membutuhkan performa yang cepat. Terakhir, waktu loading yang agak lama, menurut kami juga sedikit menyebalkan. Dengan kemampuan yang dimiliki PS5, seharusnya game seperti ini bisa hadir tanpa loading.
Audio
Soundtrack yang mengalun selama permainan memang cukup berhasil membangun atmosfer suram sesuai dengan tema yang dibawakan. Namun, kualitas sulih suaranya juga patut dipertanyakan karena terdengar biasa saja dan membosankan sehingga gagal membentuk kepribadian unik pada setiap karakternya.
Kami juga menemukan keanehan pada efek suara yang kadang tidak muncul pada adegan aksi tertentu. Padahal jika diracik dengan tepat, seharusnya adegan tersebut bisa terasa lebih imersif apabila didukung efek suara yang tepat untuk memberikan feedback kepada pemain.
Value
Dengan presentasi visual yang cukup indah, sayangnya Awaken – Astral Blade masih belum mampu memenuhi ekspektasi kami. Karena pada akhirnya, sebuah video game tidak cukup hanya bermodalkan tampilan yang indah saja. Ceritanya yang tidak istimewa, sistem pertarungannya yang repetitif hingga dunianya yang tidak inspiratif, membuatnya belum bisa masuk kriteria sebagai game Metroidvania yang berkualitas.
Tidak hanya itu saja, game ini juga masih dipenuhi permasalahan teknis seperti bug, yang membuatnya seperti game yang belum rampung dan dipaksa untuk rilis prematur. Meskipun harganya relatif murah, tapi hal tersebut tidak bisa dijadikan justifikasi untuk sebuah game yang belum selesai.
Conclusions
AWAKEN – Astral Blade sebenarnya punya elemen yang cukup kaya untuk sebuah game Metroidvania seperti eksplorasi yang luas, pertarungan yang intens, backtracking, platforming, puzzle hingga pertarungan boss yang menegangkan. Dengan elemen-elemen tersebut, seharusnya game ini bisa menjadi Metroidvania yang berkualitas. Sayangnya, semua elemen yang dihadirkan terasa dieksekusi setengah matang sehingga terasa seperti game yang belum jadi.
+ Karakter wanitanya sangat seksi
+ Eksplorasi cukup bermanfaat
+ Pertarungan yang intens
+ Boss yang menantang
+ Ilustrasi karakter yang cantik
+ Tersedia kostum alternatif
- Cerita tidak berkesan
- Rintangan platforming yang asal ada
- Framerate naik turun
- Waktu loading agak lama
- Sulih suara membosankan
- Efek suara tidak konsisten