Alasan mengapa Black Myth: Wukong hingga saat ini tak kunjung hadir di Xbox ternyata bukan karena terikat kontrak eksklusifitas bersama PlayStation sebagaimana yang banyak dispekulasikan, melainkan akibat pihak developer kesulitan memportingnya ke Xbox Series S.
Kabar ini sendiri diungkap langsung oleh Feng Ji, selaku Founder sekaligus CEO Game Science melalui wawancaranya bersama media asal Tiongkok – Weibo baru-baru ini. Dirinya menyebut bahwa 10 GB RAM yang dimiliki Xbox Series S, membuat proses pengembangannya di konsol tersebut sulit sekali dilakukan tanpa adanya pengalaman optimasi selama bertahun-tahun.
Dirinya kemudian menjelaskan bahwa Xbox Series S memiliki jumlah memori yang terbilang kecil, dimana total 10 GB RAM yang dimiliki konsol tersebut dibagikan untuk menjalankan CPU dan GPU-nya, membuat game ini sulit berjalan dengan optimal.
![](http://www.play-verse.com/wp-content/uploads/2025/01/ss_86c4b7462bba219a0d0b89931a35812b9f188976.1920x1080.jpg)
Sebenarnya, game ini bisa saja hanya dirilis di Xbox Series X saja yang notabene memiliki kekuatan hardware jauh lebih mempuni. Namun sayangnya, pihak Microsoft seringkali meminta para developer agar bisa merilis game garapannya di kedua konsol mereka sekaligus Xbox Series X dan Series S. Membuat para developer harus berusaha karas agar bisa membuat performa gamenya di Xbox Series S bisa berjalan dengan baik. Sehingga mereka pun secara terpaksa harus memundurkan jadwal perilisannya dalam rangka optimasi.
Black Myth: Wukong sendiri untuk saat ini hanya tersedia di PS5 dan PC saja. Lantas apakah di masa mendatang game ini benar-benar akan rilis juga di Xbox Series X/S? Kita nantikan saja kabar selanjutnya!